Rekaman jejak pencapaian masa depan

lika liku jobseeker (part 2)

jreng jrenggg.. *musik pembukaan

okeh mari kita lanjutkan curhatan yang sempat tertunda tadi..

Setelah dinyatakan jawaban saya kurang tepat oleh mr. B,, maka sy pun langsung nge-down (maksudnya bukan terjun dari gedung ya,, maksudnya rasa percaya diri saya agak sedikit menurun.. tenang cuma sedikit kok),,

Setelah mewawancarai kedua rekan saya dengan pertanyaan serupa, akhirnya sesi interogasi ini pun berakhir..

*whussshhh .. suara angin hati saya meniupkan berjuta rasa kekecewaan karena tidak berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, padahal malamnya saya sudah berlatih mengerjakan TTS (teka teki silang) dengan baik benar dan bersahaja *sepertinya ada yang ga nyambung disini,, heuu

tik tok tik tok *yang jelas ini bukan bunyi suara sepatu kuda ya.. ini suara jarum jam yang menunjukkan detik demi detik berjalannya waktu,, Kami yang telah selesai diinterogasi,, menunggu di luar ruangan untuk kemudian di panggil ke ruang keputusan/eksekusi, untuk di  ektradisi/eliminasi *denger istilah ini jadi inget reality show n pencarian bakat nyang di tipi2..

akhirnya tibalah  giliran kami bertiga dipanggil ke ruangan mencekam itu,, namaku dan rekan (A) dipanggil,, kemudian :

Mas2 yang ngumumin (M) : Citra dan A,, yang mana?

Saya yang masih cantik dan A : Ya,, (sambil mengangkat tangan tinggi2 setinggi tiang bendera)

Mas2 yang ngumumin (M) : Mohon maaf kalian berdua belum bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, silahkan dicoba lagi jika ada kesempatan lain dengan mendaftar di posisi yang berbeda.. terimakasih atas partisipasinya.. bla bla bla..

Saya yang masih cantik : oke mas, terimakasih (sambil senyum manis padahal dalam hati meringis sampe pengen pi2s) heuheu…

okeehh itu pengalaman yang cukup bikin merinding karena pulang dari sana ngelewatin kuburan *ga dink ini bagian dari bumbu2 cerita haha

Lanjut ke perusahaan ketiga

3. Perusahaan yang bergerak di bidang perikanan (ciri2 : terletak di daerah lampung)

Terus terang saya tidak terlalu mengetahui banyak tentang perusahaan ini, karena waktu itu sy apply2 hampir di semua stand di acara job fair di kampus saya tercinta, kampus hijau, Bogor Agriculture University (Mencari dan Memberi yang Terbaik >>lengkap dgn  jargonnya).. (jadi karena banyak yg di apply nya,, lupa dehh)

Lalu ada sms yang mengundang saya untuk mengikuti test di aula Fakultas Perikanan.. saya kesana bersama 1 orang teman sekelas.. Sesampainya disana ternyata jreng jreng jreng ,, mayoritas pendaftar adalah kaum adam *ceilahh maksudnya kaum pria,, dan wanitanya itu cuma ada 5 orang termasuk saya dan kedua teman saya. total peserta kurang lebih sekitar 30 orang saat itu..

Sebelum test dimulai, perusahaan tersebut mempresentasikan hal-hal mengenai perusahaannya, mulai dari sejarah, visi misi, letak, pengembangan, de el el,, pokoknya lengkap deh,, ada gambar2 kolam nya yang sudah mencapai ribuan hektar di lampung..  Selesai presentasi kami pun disodori soal-soal,, yang terbilang cukup rumit, karena soal-soal dan cara pengerjaannya baru saya temukan,,

Setelah berpusing-pusing ria dengan semua soal tersebut, kami pun dipersilahkan keluar untuk menunggu hasilnya,, dan  hal yang ditunggu2,, kami mendapat makan siang 1 box *naluri  mahasiswa yang seneng gratisan pun keluar.. (cengar cengir girang)  oya.. makan siangnya dilakukan bersama di dalam ruangan, sempat terfikir oleh rekan saya, apakah makan siang ini juga merupakan sebuah ajang penilaian,, semacam penilaian tingkah laku (dialiat dari cara makan),, maka kami pun makan dengan sangat hati2 dan bersahaja,, *bukan saya yg sebenarnya..

Setelah itu kamipun sholat dzuhur dan diumumkan bahwa kami yang tadi mnegikuti test tertulis, lolos ke babak selanjutnya.. Interview dengan HRD.. Satu persatu kami dipanggil,, disini sistemnya 1 interogator berhadapan dengan 1 korban,, ada 4 interogator di dalam ruangan.. Setelah menunggu hampir 2 jam, akhirnya tiba giliran saya dipanggil ke ruangan

Bapak Interogator (I) : Selamat siang,, sebelumnya kita disini santai aja ya wawancaranya, karena saya ingin mengenal lebih ke pribadi anda, jadi saya harap ini jujur dan tidak dibuat-buat,, rileks aja ya,, oke kita mulai,, silahkan memperkenalkan diri kamu (bapaknya lumayan g4huL *pake tulisan 4LaY)

Saya yang cute (C) : baik pak,,, bla bla bla (memperkenalkan diri sampe berbusa tapi tetap penuh pesona *_*)

I : Oke saya ingin tahu apakah kamu pernah mengalami kejadian dimana ada dua pekerjaaan yang harus dikerjakan dalam waktu bersamaan ?

C : Ya, pernah pak  (sambil mencoba mengingat ingat)

I : Coba ceritakan

C : Bla bla bla (saya menceritakan tentang tugas kuliah yang deadlinenya bersamaan dengan tanggung jawab di organisasi saya)

I : lalu bagaimana cara kamu mengatasinya?

C : bla bla lagi (intinya bikin jadwal/scheduling, mana yang paling prioritas menjadi tanggung jwab saya didahulukan, pekerjaan yang sekiranya masih bisa dihandle oleh rekan (tugas di organisasi bersama tim) bisa sy serahkan ke rekan yg lain))

I : oke (sambil manggut2 dan mengelus janggut terus pake selimut karena banyak nyamuk *mulai geje).. Selanjutnya apakah kamu pernah menghadapi lingkungan orang orang baru dengan latar kebudayaan dan agama yang berbeda, dan bagaimana cara kamu memasuki lingkungan baru tersebut?

C : Ya pernah pak, ketika saya di asrama, sewaktu tingkat 1 kami semua diwajibkan untuk tinggal di asrama. Disana saya bertemu teman teman baru dengan latar belakang suku, agama dan kebudayaan yang berbeda-beda.. sy sangat senang dan menganggap perbedaaan tersebut sebagai suatu kekayaan yang membanggakan sebagai aset bangsa,, saya dan teman2 di asrama, saling bertukar cerita mengenai daerah masing2, jadi kami tak perlu keliling Indonesai untuk tahu semua budaya tanah air, karena dengan mendengar ceritanya saja sudah seperti diajak berkeliling indonesia..

I : hmm.. oke (bapaknya kembali manggut manggut tanpa merengut dan tanpa sujud *hadohh).. oke pertanyaan selanjutnya,, apakah kamu orang yang tahan terhadap tekanan? karena nanti di perusahaan kami, dan terutama di posisi yang kamu ajukan, kamu akan bekerja di bawah tekanan target produksi, tekanan jam kerja, tekanan dari atasan dan juga dari bawahan yang kamu awasi, belum lagi tekanan dari lingkungan, karena lokasi perusahaan kami sangat jauh di pedalaman,,

C : (saya mulai merenung,, mulai timbul rasa ragu).. Kalau untuk bekerja di bawah tekanan yang sangat kuat, insya allah saya akan coba belajar menyesuaikan pak, tapi terus terang saya pernah punya pengalaman tidak mengenakkan saat bekerja di bawah tekanan,,

I : hmm (si bapak mulai terlihat penasaran) .. saya lihat kamu orangnya ga bisa hidup jauh di pedalaman ya? disana ga ada internet lho.. (si bapak mulai menakut nakuti)

C : oh gitu ya pak (mulai ragu, karena sy ga bisa hidup tanpa internet *lebayyy)

I : Ya,, dan saya rasa kamu lebih baik berhenti disini, daripada kalau nanti saya meloloskan kamu, saya yang akan merasa bersalah karena telah menjebak kamu ke lingkungan yang saya rasa kamu tidak akan nyaman / betah disana.. gak pa pa ya,, saya sarankan kamu tidak bekerja di perusahaan yang lingkungannya sangat ekstrim. mungkin kamu cocoknya kerja jadi Pengajar atau di bidang PR (Public relation)*berasa denger iklan ramalan yang ada kata2 “kamu tidak cocok bekerja di air” heuu..

C : oke baik pak.. (sambil senyum lega)

I : oke ,, makasih banyak ya,, saya lakukan ini demi kebaikan kamu juga ko (sambil tersenyum ramah)

C : Iya pak, tidak apa-apa, terimakasih banyak atas kesempatan yang diberikan dan atas saran serta masukannya.. (sambil bersyukur bertemu dengan HRD yang pengertian, dan bisa membaca Pikiran serta hati saya)..

oke lanjut ke perusahaan berikutnya.. yang akan disambung setelah pariwara berikut ini… ^^v.. stay tune ya di channel yang punya jargon ‘terlebay mengabarkan’..

Tinggalkan Balasan

Awan Tag

