Rekaman jejak pencapaian masa depan

lika liku jobseeker (part 3)

Lanjut perusahaan berikutnya ya.. ada 3 perusahaan yg sampei saat ini masih belum mengumumkan hasil recruitment nya ke sayah

4. Perusahaan yang bergerak di bidang keuangan syari’ah ( Ciri : logo perusahaan ungu-kuning)

Perusahaan ini mengundang sy dan temen2 di jurusan kami (Agroindustrial Technology>>kalo bahasa jermannya mah Teknologi Industri Pertanian) untuk menghadiri presentasi mereka.. tempatnya di ruang sidang jurusan.. ternyata ada salah seorang alumni yang menjabat sebagai salah satu direktur di perusahaan tersebut.. Kami kira hanya presentasi biasa, ternyata setelah presentasi langsung dilakukan test,, n ga tanggung2 testnya selama 4 jam.. Tanpa persiapan kami pun melakukan serangkaian tes tertulis..

Kemudian setelah beberapa minggu berlalu,, akhirnya beberapa orang dari kami dipanggil untuk melakukan test tahap selanjutnya yaitu interview dengan HRD.. Sampai disana, sambil menunggu giliran, kami (saya dan temen2 sekelas) menunggu sambil mengobrol ngalor ngidul dibumbui tawa2 ringan dan renyah *udah kaya snack..

Tiba giliran nomer urut saya dipanggil.. masuk ruang eksekusi, dan interviewernya adalah mba D, yang wkt itu datang di rekruitmen kampus..

mba (D) : Citra ya (sambil ngajak salaman), saya D..

saya imut (C) : Iya mba,, (sambil senyum super manis)

D : Citra waktu itu ikut rekruitment yang di kampus ya? (mengibaskan rambut *kaya di iklan shampo)

C : Iya betul mba (nyengir)

..Setelah memperkenalkan diri secara singkat,, mba D mengajukan pertanyaan sebagai berikut,, cekidoth :

D : Saya ingin tahu motivasi kamu apply di perusahaan ini?

C : Awalnya sy tertarik dengan perusahaan 1 (yang sy pernah bahas di lika liku jobseeker part 1), karena perusahaan ini masih berkaitan/1 grup dengan perusahaan 1, jd sy apply disini.

D : ohh gitu, kenapa tertarik dengan perusahaan 1?, apa karena seragam hitam2 nya yang keliatan keren? hehe (ketawa ngakak)

C : hehe (ketawa cantik).. bukan mba, sy tertarik dengan cara mereka memperlakukan pekerjanya (sotoy kaya udah pernah kerja disane aje, heu), terus suasana kekeluargaan disana (lagi2 sotoy)

D : hmm gitu ya,, suami saya juga kerja disana lho, tapi nanti disini sistemnya aga berbeda dengan di perusahaan 1, karena bidangnya juga berbeda kan,, hehe (senyam senyum)

C : iya mba.. hehe.. (nyengar nyengir)

D : oke deh,, Citra saya pengen tahu cara belajar kamu waktu Sma dan waktu kuliah itu gimana, ada perbedaaan ga? (menatap sy)

C : ya mba,, kalo waktu Sma cara belajar sy lebih terstruktur tapi pas kuliah mulai rada keteteran dan jd biasa sama sistem sks [sistem kebut semalam].. (nyengir2 najong)

D : oh gitu ya,, trus saya ada contoh 3 tipe karakter orang, nanti kamu pilih kira2 kamu termasuk karakter yang mana. Orang pertama itu orang yang terus-terusan belajar dan ga pernah / jarang banget bergaul. Orang kedua itu yang seimbang, antara belajar dan bergaulnya, terus orang ketiga orang yang bergaul terus, tp belajarnya kurang.

C : Sy cenderung tipe yang kedua mba ,,

Lalu mba D menanyakan kesiapan sy (jk memang nanti diterima), untuk ditempatkan di cabang2 yang berada di luar pulau jawa,, dan menjelaskan kembali tentang sistem kerja di perusahaan.. tiba2,, mba D ngomong :

D : itu di luar ko berisik banget ya? itu temen2 kamu bukan?

C : (hagshags, ketawa dalam hati,, berarti dari tadi kite ngobrol dgn kalapnya kedengeran ampe dalem sini,,).. oh iya mba, itu temen2 sy juga, yg wkt itu rekruitmen d kampus, kita dateng rombongan kesini,, hehe (nyengir malu)

D : ohh gitu,, ya gpp sih.. he (senyum baik).. Oke ada yang mau ditanyain lagi?

C : oh ngga mba, cukup.

D : oke kalo gitu, sampe disini dulu, nanti ditunggu aja pengumuman selanjutnya ya.. makasih (senyum sambil salaman)

C : oke mba, makasih.. Assalamualaikum (senyum, salaman, keluar ruangan)

..dan udah hampir 2 bulan perusahaan ini belum mengeluarkan pengumumannya.. heu2..

5. Perusahaan yang bergerak di bidang farmasi

Perusahaan ini saya temui di jobfair smesco,, apply disana dan langsung dijadwalkan untuk test tertulis (psikotest dan kemampuan potensial akademik). Bersama salah seorang rekan sekelas kami berangkat menuju te ka pe,, dengan bumbu nyasar dan hampir kesiangan,, akhirnya kami berdua tiba di tempat,, passss banget nama sy dipanggil/diabsen.. Ternyata tesnya cukup unik, karena menggunakan fasilitas komputer (biasanya tes tertulis menggunakan kertas biasa).

Selama 3 jam berhadapan dengan komputer dan mengisi soal2 tes, agak pusing juga ternyata,, (padahal kalo facebookan lebih dr tiga jam ga pernah pusing,, haa).. ada salah satu pertanyaan unik yang saya temui dalam tes ini : “Kenapa undang undang mengenai pernikahan harus dibuat di indonesia?”… (ini perusahaan farmasi atau KUA? heuu)

..dan sampai sekarang perusahaan ini pun belum mengumumkan hasil tesnya..

6. Perusahaan yang (lagi-lagi) bergerak di bidang keuangan syari’ah (ciri2 : logo perusahaan orange-hijau)

Sudah 5 tahapan test yang sy lalui di perusahaan ini. Tes pertama TOEIC, kata org2 tes ini agak lebih mudah dibanding TOEFL, tapi ternyataaa,,,  *cyattttt (gaya jurus karate) lebih susahhhh.. Tes kedua adalah psikotes dan potensial akademik, tes ketiga interview dengan HRD, tes keempat interview dengan user dan terakhir tes kesehatan (medical check up),, saat menulis ini, sy pun msh nunggu hasil tes terakhir.. okeh,, kita bedah mulai dari 2 tes terakhir aja ya (karena ini yg paling berkesan haha)

-interview dengan user-

ini pertama kalinya interview dengan menggunakan high heels (kesan pertama : berasa mau jatoh apalagi naek tiga lantai,, ini sangat menyeramkan lebih menyeramkan dari ngelewatin kuburan di malem jumat kliwonz)..

Jadwal interview jam setengah dua belas,, tapi sy dateng jam berapa cuebaaaaaa *gaya pitri tropikah sambil melotot.. saya dateng jam delapan.. whatsss??? rajin banget neng?? emberr,, tadi kereta jalannya cepet banget sihh *nyalahin kereta yang sama sekali ga bersalah.. akhirnya saya dan rekan2 yg akan diinterogasi, menunggu di samping kantor, kata pak satpamnya sih suruh nunggu di samping itu di kantin, tp pas diliat cuma ada tukang jus (mungkin kantin gaya baru dengan hanya satu pedagang,, monopoli banget)..

setelah 3 setengah jam nunggu, akhirnya masuk juga ke ruangan eksekusi.. eksekutornya seorang bapak2.. sebut saja B.

B : (ngeliat daftar nama peserta) kamu tahu citra 1 n citra 2 ?(ada 2 orang lagi yang namanya citra n kayaknya blm dateng)

C : oh kurang tahu pak, sy tidak kenal (mungkin dikira karna namnya sama jadi sy kenal gt)

B : oke sy ingin tahu lebih ke arah pribadi kamu (sambil ngebuka buka CV), jadi silahkan perkenalkan diri, lalu jelaskan motivasi/alasan kamu apply di perusahaan kami dan apa yang ingin kamu dapatkan dari perusahaan kami, silahkan?

C : blablablablupblupblup (ceritanya lagi ngejawab pertanyaan dengan sangat bersahaja *cratt dilempar tomat ama yg baca.. karena jawabannya cukup panjang jd cukup diwakilkan dengan kata bla n blup)

B : oya disini salah satu experience kamu pernah mengadakan islamic book fair, , sy pernah liat media promonya, gimana kemaren acaranya, sukses ? trus 1 stand itu harganya berapa ya?

C : hmm (agak kaget juga ternyata bapaknya tertarik juga dgn acara IBF,, apa dia mau ikutan jd peserta  stand yah?).. blablabladududunanana (ceritanya lagi ngejawab juga)

B : Oke, disini kamu mencantumkan juga pengalaman pernah jadi MC,, coba dong sy pengen liat kamu jadi MC

C : (krik krik krik.. ko jd begini ya, merasa aneh.. perusahaan keuangan apa penyiaran nih?) hee.. (nyengir2 kebingungan),, blablablablatrengtreng (ceritanya lagi berperan sebagai MC)

B : oke sekarang sy ingin tahu nih,  kelebihan kamu ditulis disini, pekerja keras dan bisa bekerja dalam tim, tapi kalo ini sy kan ga bisa ngeliat sekarang. coba ini ditulis juga kreatif, maksudnya kreatif yg gimana nih?

C : ya, wkt sma suka bikin2 naskah drama, trus pas kuliah kalo ada acara ospek gitu suka bikin yel2,, gitu aja pak,,

B : ohh yel2,, coba2 sy pengen dengerin yel2 yang heboh,, (ketawa kejam)

C : (krik krik krik.. udah nge MC sekarang Yel2,, ).. aduh pak kalo yel2 butuh waktu,, hehe (nyengir kemayu)

B : oke, gak usah,, gpp

C : (fyuhhh)

kemudian bpk B menawarkan cabang mana yang akan dipilih jika memang diterima nanti, dan menjelaskan sistem kerjanya.. Setelah itu bereslah sudah.. lanjut ke tes selanjutnya..

-tes kesehatan (medical check up)-

Sebelum tes ini, disuruh puasa dari jam 10 malem sehari sebelumnya,, ada serangkaian tes, , mulai dari tes urine, tes darah, tes mata, rontgen, EKG (jantung), THT, Gigi, kesehatan secara keseluruhan.
Tes darah adalah tes yang lumayan mengerikan terutama bagi beberapa rekan saya sebut saja sodari M dan sodari J.. dua duanya sama2 takut disuntik. Walhasil ada beberapa kejadian seperti teriakan2, tangisan2 bahkan sampe tendangan2 (maksudnya rekan sy ini pengen nendang mas2 yang nyuntiknya saking panik hahha (pisss yaa))..

terkadang ada kejadian, nadinya susah ditemukan (karena faktor kurang makan sayur dan jarang olahraga), jadi jarum suntiknya sulit masuk, atau ada juga yang jarumnya udah masuk, tapi susah keluar darahnya(karena faktor tegang).. kl sy alhamdullillah gampang nemuin urat nadinya,, karena kebetulan sy kekurangan lemak dan daging, jadi abis kulit itu langsung urat nadi (ngeri banget yahh *hiperbolis) ..

Pas di tes EKG (Jantung), ditempel-tempel alat di sekujur tubuh (berasa di film-film pembuatan robot, sy jd makhluk percobaan buat dijadiin robot berwujud bidadari).. Keseluruhan tes kesehatan ini berlangsung selama kurang lebih 5 jam..

dan sampai sekarang sy masih menunggu hasilnya,, hehehee… Do’akan yaaa (^___^)v

Iklan

Comments on: "lika liku jobseeker (part 3)" (8)

  1. hahahaha

    citraaa,,,,lucu juga tuh ceritanya,, ampe pengen ngakak aq tapi malu di warnet,,,hehehhe

    tp, moga diterima ya, dimana pun kau melamar,,,,:)

  2. wakakakkak
    tulisan anda membuat saya ngakak mpe perut terkocok2 kluar usus pncernaany..*ikut2 lebay..wakakakak

  3. wah, baca trilogi LLJ dari sekuel pertama sampe sekuel ketiga bikin ngakak.
    tp kapan ya ane keterima kerja?

    keep posting bu.

    • hehehehe,, makasih ya bar udah nyempetin baca n komen.. Insya Allah secepatnya ya bar kita semua diberikan rezeki pekerjaan, saling mendo’akan yaa.. AMIN..

  4. citoo,kereen..semangat yaah 🙂
    btw, kita ini job chooser,bu..bukan job seeker :p hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: