Rekaman jejak pencapaian masa depan

 

kangenn udah lama ga nuliss hehe *lebay

mau cerita tentang detik2  hari raya ‘graduation’ mulai dari H-2 ya..

H-2 (21 Februari 2011) Pembekalan Karir di Auditorium Andi Hakim Nasution

Acara ini diselenggarakan oleh DPKHA (Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni) IPB.. yang bertujuan membekali para calon alumni / lulusan IPB dengan ilmu2 dari para pembicara handal, mengenai pengembangan karir (baik untuk berkarir sebagai pegawai / jobseeker atau wirausaha / job creator)

Ada 2 sesi, sesi pertama ditujukan untuk para jobseeker, sedangkan sesi kedua untuk para jobcreator

2 pembicara yang didatangkan merupakan alumni IPB dan memiliki jabatan penting di instansinya..

Sesi pertama

Pembicara 1 : Pak Achmad Fachrodji beliau adalah Direktur Pemasaran Perum Perhutani, alumni dari Fahutan IPB

Pembicara 2 : Pak Ahmad Mukhlis beliau adalah Direktur Utama Perum LKBN ANTARA, alumni dari FPIK

Oleh moderator, kedua pembicara ini dijuluki duo Ahmad (pesaing duo maya) *haha mantap

Pembicara 1.

Pak fachrodji menyampaikan materi dengan sangat menghibur,, dengan lawakan lawakan segar, pantun dan sulap kilatnya,, beliau membuat kami semua tertawa dan menyimak materi dengan segar..  Salah satu materi yang beliau sampaikan ada adalah mengenai CDC (Career Development Cycle)  atau Siklus Pengembangan Karir. Menurut beliau ada 4 siklus yaitu :

1. Know Yourself>> mengenali potensi diri

2. Explore Possibilities>> mencari beberapa kemungkinan pilihan yang ada

3. Make Choice>> membuat pilihan

4. Make it happen>> membuatnya menjadi kenyataan

Pak fachrodji juga menceritakan pengalamannya berjuang di perbatasan indonesia-malaysia, tepatnya d sebuah daerah kalimantan selama 15 tahun setelah beliau lulus dari IPB.. disana banyak sekolah persis seperti yang diceritakan dalam laskar pelangi.. Perjuangannya yg keras tersebut akhirnya membuahkan hasil, skr beliau menjabat sbg direktur BUMN ternama di Indonesia.

Pada saat menyampaikan materi, Beliau membawa beberapa sampel produk hasil perhutani, yaitu madu dan air mineral, dan juga mempromosikan sumber daya ekowisata kita yang terdapat di seluruh indonesia yang dikelola perhutani. Karena potensi hutan dan alam kita sungguh sangat besar, selain produk kayu yg saat ini semakin menipis dengan adanya penebangan ilegal ato bahasa kerennya illegal logging, maka potensi lain yang tak kalah bermanfaat adalah hasil hutan bukan kayu dan juga potensi ekowisata.

 

Pembicara 2

Pak  Mukhlis, beliau menyampaikan materi dengan menyajikan beberapa gambar dan video. Inti materi yg disampaikan adalah fokus dalam mengerjakan sesuatu untuk mencapai kesuksesan dan juga tentang positive attitudes, the key for future. Jadi dimanapun terutama saat memasuki dunia kerja, attitudes merupakan hal yg paling penting, sepintar apapun org jika attitudes / sikapnya kurang baik, maka semua akan terlihat minus di mata orang lain. oleh kaena itu pandai2lah menjaga sikap, dimanapun, kapanpun, kepada siapapun..

Sesi kedua

Pembicara 1 : Indra thamrin (pemilik usaha waralaba ‘Your Tea’)

Pembicara 2 : Imanuel Iman (Central Sistem Consulting)

Pembicara 1, merupakan rekan seangkatan kami, IPB 2006. Indra telah memiliki 72 outlet waralaba minuman teh bermerek your tea.. dia menceritakan perjuangannya dalam merintis usaha ini, dan juga memotivasi kami untuk berani berwirausaha.

pembicara 2, merupakan konsultan di perusahaan2 otomotif ternama, beliau menyampaikan materi mengenai bagaimana cara mempertahan kan pelanggan, yaitu dengan menunjukkan CITRA produk / jasa / pelayanan yang baik dan juga menjaga hubungan..

kemudian sesi selanjutnya adalah sesi tanya jawab..

Intinya sy mendapat banyak ilmu dari materi2 pembekalan karir ini.. terimakasih kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan acara ini  dan kepada para pembicara yang telah mensharekan ilmunya

GRADUATION

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: