Rekaman jejak pencapaian masa depan

Kutulis postingan ini saat rasa rindu duduk di bangku kuliah tiba2 datang membuncah, saat keinginan mendengarkan materi dari sang pengajar (dosen) kembali terngiang terdengar, saat canda tawa bersama kawan seperjuangan datang bertandang.. Ya.. kembali teringat memori indah masa kuliah.. masa-masaku di Departemen TIN selama +3 tahun.. *untuk cerita masa2 TPB (Tingkat Persiapan bersama) kapan2 ya ditulisnya ^^v..

TIN (Teknologi Industri Pertanian) merupakan salah satu departemen yang terdapat di Institut Pertanian Bogor, Departemen TIN berada di bawah naungan Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta).. Bersyukur sekali mendapat kesempatan menimba ilmu disini,, karena memang departemen TIN ini menjadi pilihan pertama saat menuliskan form pemilihan departemen, ketika kami menyelesaikan semester 2 di tingkat persiapan bersama..

Mulanya belum terlalu ‘ngeh’ dengan TIN (apa yg dipelajari disana, output yang dihasilkan nantinya),, namun lama kelamaan sy merasa TIN seperti rujak,, ya,, campur aduk perpaduan antara buah ilmu pengetahuan teori dan praktek dipadu dengan bumbu penyampaian yg menyenangkan dr dosen, softskill yang diambil dr pengalaman memanage waktu, beradaptasi dengan teman-teman sebagai rekan kerja dalam rangka menyelesaikan tugas kelompok. Membuat TIN bak rujak,, nikmat menyegarkan,, pedas menggigit, n yg pasti bikin ketagihan.. hehe..

Di semester awal masuk, sy akui cukup kesulitan untuk beradaptasi terutama dgn materi kuliah yg sy pelajari, dan kecerdasan teman-teman sekelas,, jujur sy merasa menjadi yg amat ‘stupid’ saat itu. Di bawah ini merupakan materi-materi kuliah selama meniti mimpi di TIN..

Semester 3 :

Diawali dengan mata kuliah Pengantar Agroindustri, dari namanya, berarti mata kuliah ini berisi materi2 yang menjadi pintu gerbang, mengantar kami mengenali apa itu agroindustri, kandungan apa yg ada dalam agroindustri, dsb. Dosen pengajar mata kuliah ini adalah para dosen senior, yaitu Pak Irawadi Djamaran, Ibu Illah Sailah, Pak Azis Darwis dan Pak Djuma’ali.  Lanjut dengan Metode Statistika yg merupakan mata kuliah kompetensi fakultas, mata kuliah ini yg bikin sy nangis darah haha.. secara gak terlalu suka dengan yg namanya hitung2an atw yg masih kerabat dengannya, tapi sy berusaha menikmati, dan hasilnya alhamdulillah. Dosen pengajar mata kuliah ini adalah Pak Muslich dan Pak Suprihatin^^.  Lagi2 mata kuliah yg bikin saya banjir air mata adalah Perhitungan Dasar Rekayasa Proses, materinya berisi campuran kimia, fisika dan matematika,, mantaps bgt kan.. huahua. Pengajarnya dosen muda Pak Prayoga dan Ibu Ika Amalia. Yang gak mau ketinggalan bikin hati sy cenat cenut adalah Penerapan Komputer, bahasa pemrograman delphi yang baru sy kenal ternyata memberikan kesan mendalam yang tak terlupakan heuu.. Pengajarnya adalah Pak Sukardi, Pak Marimin dan Bu Sri Martini. 4 Matkul ini boleh dibilang  cukup asyik, yaitu Analisis Bahan dan Produk Agroindustri, menjelaskan berbagai bahan dan produk hasil pertanian yang kemudian dianalisis dan diketahui karakterisasinya. Matkul ini full dilakukan di lab (kelas praktikum). Selanjutnya yg masih berhubungan dengan ABPA adalah Pengetahuan Bahan Agroindustri, kalo materi ini diajarkan di kelas. Pengajarnya adalah Bu Erliza Hambali.  Teknologi Pengemasan, Distribusi dan Transportasi, matkul ini diajarkan di kelas oleh Bu Indah, Bu Krisnani dan Pak Ade. Dan ada juga kelas praktikumnya. Seusai dengan namanya, disini kita dikenalkan dengan sifat dan karakteristik bahan-bahan pengemas seperti kertas, plastik, kaleng, kaca, dsb, juga bagaimana sistem distribusi dan transportasi yang terbaik, agar bahan maupun produk hasil pertanian dapat aman tersalurkan sampai ke tujuan. Yang terakhir adalah matkul Keselamatan dan Kesehatan Kerja, mempelajari sistem safety untuk para pekerja yang berada di lingkungan industri. Agar pekerja dapat terjamin keselamatan dan merasa nyaman berada di tempat kerja sehingga pekerjaannya akan efesien. Dosen matkul ini adalah Pak Tadjudin Bantacut.

Semester 4 :

Di semester keempat ini sy sudah mulai menikmati suasana belajar dan lingkungan yang mendukung, Pelajaran dari departemen tetangga yaitu Gambar Teknik, awalnya menggambar menggunakan kertas kalkir yang lumayan meribetkan, kemudian belajar mengguanakan program autocad, yang ternyata asyik juga (baru bisa pas ngerjain tugas akhir bikin perkakas dan rumah kaca) ^^. Selanjutnya adalah  Teknik Tata Cara Kerja, mempelajari tentang bagaimana aliran pekerjaan di dalam suatu lini dikerjakan seoptimal mungkin  untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan semua pihak yg terlibat dalam proses kerja tersebut (mesin, orang, bahan) dan proses nya,, agar hasil produksinya maksimal. Dosen matkul ini adalah Ibu Hartrisari. Kalo yang ini matkul semi psikologi, Pengembangan Sumber Daya Manusia, bagaimana me-mantain-ing pekerja agar dapat melejitkan potensi dan mampu berdedikasi tinggi dalam pekerjaannya. Bu Lien Herlina dan Pak Aji Hermawan ahli di biadang PSDM ini. Selanjutnya adalah  Dasar Rekayasa Bioproses dan Praktikum Bioproses, yang termasuk 1 paket, matkul ini bsesuai namanya berhubungan dengan biologi. Dasar Teknologi Mikrobial bermain kembali dengan bakteri, mikroba, dkk lainnya yg bisa kita temui dengan menggunakan mikroskop. Dosen ketiga matkul ini adalah Pak Khaswar Syamsu, Bu Liesbetini, Bu Mulyorini dan Pak Prayoga. Teknologi Penyimpanan dan Penggudangan adalah lanjutan dari materi Teknologi Pengemasan, Distribusi dan Transportasi, namun ini lebih ke arah bagaimana penyimpanan penggudangan bahan sebelum diolah atau produk sebelum digunakan, agar mutunya tetap terjamin. Pak Zein Nasution dan Pak Sugiarto adalah dosen Matkul ini. Selanjutnya adalah Manajemen Lingkungan Industri, yang mempelajari pengelolaan lingkungan sekitar agar tidak tercemar dengan limbah buangan industri. Dosen matkul ini adalah Ibu Nastiti dan Pak Andes Ismayana. Saya pun mengambil mata kuliah interdept, dari departemen teknologi hasil hutan, yaitu Pengolahan Hasil Hutan.

Semester 5 :

Di semester ini sy cukup banyak mengambil mata kuliah interdept dari departemen lain, karena matkul mayornya lebih sedikit di semester ini dibanding di semester2 sebelumnya. Materi Ekonomi Teknik yg merupakan matkul kompetensi fakultas sy dapatkan disini, cukup menyenangkan menghitung nilai ekonomis suatu barang, membuat cash flow dan sampai laba/rugi suatu usaha dengan kajian teknik. Kemudian Penelitian Operasional yg disampaikan oleh Bu Sari dan Pak Sukardi. Lalu Tata Letak dan Penanganan Bahan yg mempelajari agar layout dan bahan dalam proses pengerjaannya dapat tertata dengan rapi dan memudahkan jalannya proses, pengajarnya adalah Pak Machfud dan Pak Faqihudin. Dilengkapi dengan matkul Pengawasan Mutu, dimana mutu merupakan hal paling kritis dalam penerimaan produk oleh masyrakat. Oleh karena itu pengawasan mutu merupakan yang utama dalam proses pengolahan suatu produk, mulai dari pengawasan bahan, proses, sampai produk sampai dengan aman ke tangan konsumen.  Materi ini disampaikan oleh Pak Sapta, Bu Dwi dan Bu Tatit. Selanjutnya adalah Satuan Proses, mempelajari proses pengolahan produk-produk turunan dari bahan pertanian seperti rumput laut, kelapa sawit, dll. Dosen pemateri ini adalah Pak Ono dan Bu Erliza Hambali. Kemudian tiga matkul interdept yg sy ambil adalah Studi Kelayakan Bisnis dari departemen agribisnis, Dasar-dasar Komunikasi dari departemen komunikasi dan pengembangan masyarakat dan  Manajemen Pemasaran dari departemen manajemen.

Semester 6

Memasuki semester 6, pembahasan materi mulai mendetail dan penuh dengan tugas kelompok, dan mulai ada mata kuliah pilihan. Analisis dan Sistem Pengambilan Keputusan menerangkan mengenai sistem pengambilan keputusan dalam manajemen kerja, lebih ke arah programming. Tugas akhirnya adalah kami membuat sebuah sistem informasi yg berbasis pengambilan keputusan, kelompok sy membuat sistem penunjang keputusan pemilihan produk terbaik dgn studi kasus di gudang buku (salah satu toko buku yg terdapat di kampus). Matkul ini digawangi oleh Pak Marimin dan Pak Taufik. Selanjutnya adalah matkul yg disampaikan oleh Pak Machfud, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, yg mempelajari tentang sistem stok/inventory juga sistem antrian dalam lini produksi. Dilengkapi dengan Teknik Optimasi yakni mempelajari pengoptimalkan berbagai hasil agar pencapaian optimal *maap kalo kata2ne aga ribet haahhaa.. ini dinahkodai oleh Babeh sy, Pak Yandra Arkeman dan Ibu Erliza Noor. Satuan Operasi adalah yg cukup membuat Satres Top hehe,, intinya merancang aliran energi dalam sebuah proses di industri. Materi disampaikan oleh Pak Meika Syahbana Rusli dan Ibu Erliza Noor. Saatnya Bermain langsung dengan alat dan mesin industri dalam Peralatan Industri Pertanian. Asik nih, langsung terjun ke jurang* ups maksudnya terjun menggunakan mesin-mesin industri skala lab. Pak Ade Iskandar pakar di bidang ini. Setelah berkutat di kampus, saatnya memejrengkan diri (maap kalo istilahnya rada aneh didenger wkwk), maka saatnya Praktek Lapang, yang merupakan program aplikasi dari smw mata kuliah yg sudah kita pelajari di suatu perusahaan , boleh dibilang semacam magang gitu, nanti dibuat laporan selama PL, waktu nya selam 40 hari. Saat itu sy PL di PT Winner Food Industry di daerah Cilandak, Jaksel. Perusahaan ini memproduksi Sosis asap, Nugget, Beef, Bkaso dan bahan olahan daging lainnya. Dalam PL ini sy fokus  mempelajari Manajemen produksi dan Pengawasan mutu. Selanjutnya adalam mata kuliah pilihan, sy ambil 2 yaitu  Teknologi Pati, Gula dan Sukrokimia serta Teknologi Minyak Atsiri, rempah dan Fitofarmaka. Sy sangat menyukai sesi praktikum nya, karena langsung diaplikasikan dalam pembuatan produk, seperti gula semut, gula aren,tepung dr berbagai bahan, pati , trus masak2 bolu, cake, cookies, walopun rada2 mules pas dimakan (uji organoleptik), maklum banyak tangan2 brutal penuh kuman yg ikut serta dalam proses pembuatanya.. Kemudian untuk Teknologi minyak atsiri kita membuat garam mandi, lilin aromaterapi, mouthwash, sabun transparan,, yg bikin kita merasa slalu rileks tenang santai dan ngantukk zzz -___- .  Selanjutnya 2 mata kuliah interdept yg sy ambil adalah  Bisnis Internasional dr departemen agribisnis dan Ekonomi Sumberdaya dari departemen ekonomi dan sumberdaya lingkungan.

Semester 7

Semester 7 menjadi semester terakhir belajar di kelas dan lab praktikum, karena semester 8 kita mulai difokuskan untuk penelitian / skripsi. Tugas kelompok yang aplikatif menjadi ciri khas semster ini. Perancangan Pabrik, kami ditugaskan membuat sebuah rancangan pabrik dari mulai pemilihan lahan/daerah, harga bahan, alat, kapasitas prduksi, proses, pangsa pasar, dll,, Tiap kelompok terdiri dari 4 org, dan sy bersama 3 rekan saat itu merancang sebuah pabrik biodiesel dari jarak pagar. Matkul ini diarahkan oleh Bu Erliza noor dan Pak Djuma’ali. Hampir sama dengan PP, Perencanaan Proyek Industri ditugaskan mengonsep sebuah proyek industri, kalo yg ini kelompoknya terdiri dr 8 orang, dan saat itu kami merancang industri pewarna alami. Dosen yg mengarahkan adalah  Pak Sukardi. Masih erat kaitannya dengan 2 matkul sebelumnya adalah  Valuasi dan Komersialisasi Teknologi, disini kita diajarkan untuk memvaluasi atau memberi nilai dan mengkomersialisasi atau menjual hasil penemuan inovatif baik berupa penemuan produk baru, sistem baru atau metodologi baru. Saat itu kami 12 orang dalam satu kelompok, meluncurkan sistem baru berupa pembuatan telur asin asap dengan asap cair. Diajarkan oleh Pak Yandra, Pak Aji dan Bu Lien. 2 mata kuliah selanjutnya berhubungan dengan lingkungan, yaitu Produksi Bersih dan Teknologi Pengendalian Pencemaran Industri. Dimotori oleh Bu Nastiti, Pak Anas, Pak Suprihatin serta Pak Romli.. Untuk mempersiapkan penulisan skripsi di  semster 8, maka dipelajari pula Metode Penulisan dan Penyajian Ilmiah yang diajarkan secara inspiratif oleh Pak Endang Gumbira Said. Kemudian 2 mata kuliah pilihan yg sy ambil di smester ini adalah  Teknologi Bahan Penyegar serta Teknologi Serat, Karet, Resin dan Gum. Praktikumnya asik, membuat teh hijau, teh hitam , teh olong, cokelat, kopi dan tentu saja mencicipinya dalm uji organoleptik. Lalu bermain main dengan kulit kambing, mengamati karakteristik dan mengawetkannya.

Semester 8

Hiks,, tak terasa sudah semester 8, semester akhir, dimana semua yang kita pelajari selama 7 semester sebelumnya diapikasikan dalam tindakan nyata yaitu melakukan penelitian dan melaporkannya dalam suatu karya  tulis ilmiah, yaitu disebut skripsweet (baca : skripsi)* hehe biar selalu manis dirasanya..

Terimakasih tertinggi didedikasikan untuk dosen2 berhati mulia tak kenal pamrih mengajarkan kami pengetahuan2 yg melimpah ruah, menerangi jiwa2 kami dengan pelita ilmu yg terang benderang. Jasamu tak kan pernah kami lupakan, semoga yang Maha Kuasa membalas semua perjuangan Ibu dan Bapak

Oke Rujak TIN telah selesai dinikmati,, mudah-mudahan dapat sedikit mengobati rindu menggebu di relung qolbuku,, oya untuk rekan2 TIN, kalo ada salah pendeskripsian mata kuliah (ga pas antara semester dan mata kuliah ama dosen pengajarnya) mohon diingatkan ya,, hehehe,,

Rindu semangat terhebat dari sahabat-sahabat semua ^^v.. Miss U ALL..

I LOVE TIN

Iklan

Comments on: "Memori indah masa kuliah (Part 1 – Rujak TIN)" (20)

  1. citttt.. mantap ey ceritanya… tp emang bener gitu waktu awl kuliah paling lemottttt..hahahah..
    tapi banyk yg ga ngerti euy mata kuliahnya…!
    tp yg soal praktek cicip mencicipi kynya…km cit paling duluan ya.hahahah

    • abah : hehehe nuhun udah menyempatkan diri buat berkunjung n baca tulsian sayah.. ya paling suka bagian organoleptik alias cicip mencicip hahahaa

  2. hmmm…baca blog ini membangkitkan ingatan saya masa2 kuliah.saya merasa baru saja mengikuti kuliah2 di TIN IPB. jadi kangen temen2 dan dosen2 nih… 😦
    kayaknya ada pembenahan mata kuliah di semester 7 nih.beda dikit ma saya dulu. jadi makin manteb aja nih anak TIN ^_^
    sukses ya buat TINers IPB

    salam,
    TIN’40

  3. @_@

    kangen sama smwnya

  4. iya viiii.. kangen bangetttt masa masa itu ^^

  5. Achor Mohammad said:

    saya lagi semester 3 mbak, lagi nangis2 darah. . . T.T

  6. ckckck… waduuuuh… achor kalo ente nangis darah ane nangis nanah nih..

  7. Yudha Yaniari S. P. said:

    hho, ada achor.

    iya, q sama sekali blm dpt feel TIN nih…………………
    😦

  8. wah, lagi iseng nyari VKT jadi terdampar di blog ini. nice post mba’, 😀
    jadi nyadar diri udah mau masuk semester akhir, berarti bentar lagi masa2 perpisahan dong ya, >,<

  9. niatnya mau cari modul PDRP. eh liat kakak2 kelas lagi galau. haha. nice story mbak 😀

  10. Keren!

  11. sekarang lg nyari master laporan biopros. eh terdampar lagi disini mbak cit 😀 haha kayaknya pelajaran TIN langsung selalu terindeks google gara2 mahasiswanya terlalu aktif di Internet dah 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: