Rekaman jejak pencapaian masa depan

Sore tadi di kelas Ergonomi Makro… Muncul Pertanyaan dari dosen tentang definisi kebahagiaan.

Beberapa anak ditunjuk untuk berpendapat mengenai arti dari kebahagian. Ternyata susah juga ya mendeskripsikan/mentransformasikan kebahagian ke dalam sebuah ungkapan. Beberapa anak ada yang tidak bisa menjawab. Ada juga yang menjawab kalau kebahagiaan itu adalah memiliki pekerjaan yang berpenghasilan tinggi dan membahagiakan orang tua.. Ada lagi yang jawabannya kebahagiaan berarti bebas dari tekanan. Dan ada pula yang berpendapat kebahagiaan erat kaitannya dengan harmonisasi.

Usai bertanya, dosen memaparkan hasil riset bulan agustus 2012 yang menunjukkan bahwasannya orang Islandia* 2 kali lipat lebih bahagia dibanding orang Amerika… Dan ada 4 tips rahasia kebahagiaan mereka :

1. Create a Community

Orang Islandia hidup di pulau yang cuacanya keras, es sepanjang tahun. Maka mereka selalu saling bantu selama menjalani kehidupannya. Mereka bahagia apabila berada dalam komunitas sosialnya.. Sebaliknya orang Amerika lebih bangga apabila mendapatkan penghargaan individu, walaupun hasilnya didapat dari ‘menyikut’ sesamanya…

2. Encourage Broad Interest

Warga Islandia berani untuk menjadi dirinya sendiri, mengembangkan potensi dan menjalani hobi-hobi mereka. Tidak hanya berfokus pada satu kegiatan yang membosankan dan menghabiskan banyak waktu. Contohnya sang walikota yang berprofesi sebagai aktor, komedian dan musisi rock..

3. Put Family First

Keluarga adalah yang utama bagi masyarakat Islandia. Bahkan aturan untuk cuti hamil dan melahirkan adalah selama 9 bulan (di indonesia hanya 3 bulan), dan hebatnya cuti tersebut tidak hanya berlaku untuk sang ibu tetapi juga untuk ayahnya.. Sehingga sang anak akan mendapatkan curahan kasih sayang yang berlimpah dari kedua orangtuanya.

4. Provide Healthier Food

Orang-Orang Islandia cenderung mengkonsumsi makanan-makanan yang segar, seperti ikan segar hasil tangkapannya sendiri, serta sayur dan buah-buahan tanpa pestisida.

Kemudian di akhir kuliah, kami diberi tugas untuk mencari tentang BHUTAN, terkait dengan HAPPINESS (Kebahagiaan)…

Dan kata kuncinya adalah : ‎”Gross National Happiness is more important than Gross National Product” -HMJSW-

InsyaAllah bakal dibahas di Postingan selanjutnya 😀

Keterangan :

*Sebuah negara pulau di bagian utara Samudera Atlantik. Terletak 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: