Rekaman jejak pencapaian masa depan

Nata de encer

Tiba-tiba keingetan peristiwa tak terlupakan sekitar 6 tahun lalu. Saat di semester 3, ada praktikum mata kuliah bioproses (kalo ga salah).. Disitu kita disuruh bikin produk hasil fermentasi. Kelompok gw kebagian bikin tempe sama nata de coco. Nah kalo untuk tempe ga usah diceritain lah ya.. Soalnya kacang kedele berhasil jadi tempe dengan selamet.. Yang akan gw ceritain disini adalah nasib sang nata de coco..

Bahan utama untuk membuat nata adalah air kelapa, bakteri acetobacter xylinum dan asam asetat.. Ceritanya kita bikin nata ini di kosan gw. Jadi air kelapa, acetobacter sama asam itu udah dicampurin dalam satu wadah terus atasnya ditutupin ama tissue.. Terus ditempatin di tempat paling atas rak buku, tempat paling privat, kasta teratas, supaya dia ga keganggu jadi bisa bermetamorfosis dengan tenang dan tenteram.

Harusnya, selama berproses, tu nata ga boleh diganggu gugat, atau diliat-liat. Tapi dasar penasaran, gw tuh selalu iseng buat ngeliat udah jadi belom ya nata. Walhasil gw sering banget bukain tu tissue untuk liat apakah si air kelapa itu udah menggumpal-gumpal jadi nata de coco..

Dan ketika tiba waktunya dipanen, dan dibawa ke kampus buat diteliti, agaknya ada yang kurang beres. Tapi mau ga mau harus tetep dibawa.. Dengan masih ditutup tissue, itu nata dibawa-bawa ke kampus secara manual (maksudnya ditenteng hehe)..

Pas nyampe di lab kampus, dan dibuka lah tu wadah (jreng jreng *ada backsound).. Terlihat seperti ada gumpalan-gumpalan menyerupai nata de coco yang udah jadi.. *lonjak2girang*.. Namun ternyata itu hanya fatamorgana karena gumpalan tersebut adalah tissue penutup wadah yang nyempulng ke wadahnya sodara-sodara… Dan air kelapa bersama acetobacter serta asam nya tidak bereaksi alias masih cair, belum kebentuk nata nya..

Akhirnya kita beri nama hasil karya kita dengan ‘Nata de encer’ *keprokeprok*

Pesan Moral :

– Jangan tutup wadah nata pake tissue, ntar jadi PHP, dikira gumpalan nata padahal gumpalan tissue

– Jangan suka ngintip proses fermentasi nata, nanti dia malah malu n ga mau berproses (apasih)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: